MENGOPTIMALKAN LITERASI SISWA MELALUI JURNAL MEMBACA

Penulis: Bellavania, guru SMAN 1 Klaten
Editor:  Dr. MRT (Dr. Mampuono R. Tomoredjo, S. Pd., S. Pd., M. Kom.) 

(Ditulis dengan Strategi Tali Bambuapus Giri - Implementasi Literasi Produktif Bersama dalam Pembuatan Pustaka Digital Mandiri Berbasis AI.) 

Jurnal membaca merupakan alat yang sangat efektif dalam meningkatkan minat baca siswa. Sebagai salah satu kegiatan penting dalam dunia pendidikan, jurnal membaca tidak hanya memperdalam pemahaman materi tetapi juga mengembangkan keterampilan membaca siswa. 

Jurnal membaca adalah aktivitas yang melibatkan pencatatan informasi dan pemahaman dari berbagai sumber bacaan, seperti buku, artikel, atau makalah. Dengan kemajuan teknologi, akses ke jurnal membaca kini menjadi lebih mudah karena dapat diakses kapan saja dan di mana saja melalui internet.

Menurut Dr. Michael F. Opitz, seorang ahli pendidikan, "Jurnal membaca memberikan siswa kesempatan untuk merefleksikan dan mengorganisasi ide-ide mereka, yang berkontribusi pada pemahaman yang lebih mendalam tentang materi bacaan." Proses ini memungkinkan siswa untuk membaca teks literatur tertentu secara terstruktur, mencatat poin-poin penting, dan mengembangkan argumen serta pemahaman pribadi tentang topik yang dibaca.

Jurnal membaca juga berfungsi untuk memperluas wawasan siswa. Seperti yang dinyatakan oleh James Paul Gee, seorang ahli bahasa dan pendidikan, "Melalui jurnal membaca, siswa dapat mengeksplorasi topik-topik baru dan membangun pengetahuan yang lebih luas, yang dapat meningkatkan keterampilan kritis mereka." Dengan membaca berbagai jenis teks dan tema yang mungkin belum mereka kenal sebelumnya, siswa dapat memperoleh informasi yang lebih mendalam dan relevan untuk pengembangan pengetahuan mereka.

 Yang perlu dicatat, bahwa jurnal membaca bersifat pribadi dan subjektif. Setiap individu memiliki gaya yang berbeda dalam menulis jurnal, ada yang cenderung membuat catatan panjang dan terinci, sementara yang lain lebih suka mencatat poin-poin kunci secara singkat. Penulis terkenal, Virginia Woolf, pernah mengatakan, "Menulis jurnal adalah cara untuk mendalami perasaan dan ide-ide kita, untuk mengungkapkan reaksi emosional dan intelektual terhadap teks yang kita baca."

Peran guru SMA sangat krusial dalam mengawal implementasi jurnal membaca di kelas. Seorang guru tidak hanya bertugas untuk memperkenalkan konsep jurnal membaca kepada siswa tetapi juga untuk memotivasi dan membimbing mereka dalam proses penulisan jurnal. Menurut Howard Gardner, seorang ahli psikologi pendidikan, "Guru harus mampu menciptakan lingkungan yang mendukung dan mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan membaca dan menulis jurnal."

Selain itu, guru juga perlu memberikan umpan balik yang konstruktif terhadap jurnal yang ditulis siswa. Sebagaimana disarankan oleh John Hattie, seorang peneliti pendidikan terkemuka, "Umpan balik yang efektif membantu siswa memahami kekuatan dan kelemahan mereka dalam menulis jurnal, sehingga mereka dapat terus berkembang dan memperbaiki keterampilan membaca mereka."

Kebijakan pemerintah Indonesia juga memainkan peran penting dalam mendukung implementasi jurnal membaca. Program seperti Gerakan Literasi Nasional (GLN) dan berbagai inisiatif dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah berfokus pada peningkatan literasi anak Indonesia. Salah satu kebijakan yang signifikan adalah pengintegrasian kegiatan membaca dalam kurikulum sekolah, termasuk program membaca buku dan penulisan jurnal sebagai bagian dari pembelajaran sehari-hari.

Selain itu, pemerintah juga mendukung penyediaan fasilitas literasi seperti perpustakaan sekolah dan taman bacaan masyarakat. Upaya-upaya ini bertujuan untuk menyediakan akses yang lebih luas terhadap bahan bacaan berkualitas bagi siswa di seluruh Indonesia. Menurut Bapak Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, "Peningkatan literasi adalah salah satu prioritas utama kami. Kami berkomitmen untuk memastikan setiap anak di Indonesia memiliki akses ke bahan bacaan yang berkualitas dan peluang untuk mengembangkan keterampilan literasi mereka."

Upaya lain termasuk pelatihan bagi guru untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam mengajar membaca dan menulis jurnal, serta kampanye nasional untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya literasi. Program-program ini bertujuan untuk menciptakan budaya membaca yang kuat di kalangan siswa dan masyarakat umum.

Pendeknya, jurnal membaca adalah alat yang sangat bermanfaat dalam mengembangkan keterampilan membaca dan literasi siswa. Dengan dukungan yang tepat dari guru dan kebijakan pemerintah yang mendukung, siswa dapat memperoleh manfaat maksimal dari aktivitas ini dan menjadi pembaca yang lebih terampil serta berpengetahuan luas. Mengingat pentingnya jurnal membaca, peran guru dalam membimbing dan memotivasi siswa tidak bisa dipandang sebelah mata. Dukungan pemerintah dalam bentuk kebijakan dan program juga sangat penting untuk meningkatkan literasi anak-anak Indonesia, sehingga mereka dapat bersaing di kancah global dan meraih kesuksesan di masa depan.

Comments

Popular posts from this blog

NUSANTARA GROUP

MENGUBUR UNTUK MENJAGA BUMI

DR. MAMPUONO: PENDIDIK, PENEMU, TEACHERPRENEUR, DAN PENULIS